Review: Samsung Galaxy S3 VS Samsung Galaxy Note 2, Pilih Mana?

Baca review udah, detail teknis udah dibacain, spesifikasi udah dibandingin, tapi masih bingung milih? Karena punya dan pakai dua-duanya, saya mau nyoba bantu ngasi gambaran perbandingan antara dua Android jagoan Samsung di tahun 2012. Nggak usah bahas angka ya, bahkan, sekalian jangan ada angka sama sekali di sini. Kalau mau teknis, banyak yang udah bikin. Ini pandangan pribadi pengguna, siapa tahu bisa membantu mikir supaya nggak salah pilih. Mikir itu penting, soalnya, benda-benda ini nggak murah. Yuk ah, kita mulai.

 

Pilih yang mana?

Bentuk & Ukuran: Enakan Yang Mana?

Walau lebih ramping dan tipis dari generasi pertamanya, layarnya Galaxy Note 2 lebih besar dan tetap aja termasuk smartphone paling bongsor saat ini. Yang baru pertama kali makai seri Note pasti pada awalnya akan canggung dan ragu. “Apa bener gue bakal betah makai benda segede gini sehari-hari?”. Texting dengan satu tangan jelas nyaris mustahil kecuali tangan kita segede pemain basket NBA. Tapi untungnya Samsung sadari ini dan menyediakan fitur keyboard ‘satu tangan’ yang lebih kecil dan dipepetin ke kanan layar.

Sementara itu, Galaxy S3 yang layarnya juga lebih besar dari kebanyakan smartphone masih jauh lebih nyaman digenggam dan dibawa. Ini fakta praktis. Yang tadinya tidak menyukai rancangannya yang berlekuk bisa dikagetkan nyamannya S3 di tangan. Ini kejadian sama saya. Awalnya sangat nggak suka bentuk S3, karena bulet-bulet gitu. Eh, tapi begitu megang kok nyaman? Akhirnya jadi suka banget. Kali ini, gembar-gembor rancangan bukan omong kosong, Galaxy S3 memang cukup ergonomis.

Pemenang: Galaxy S3

 

Layar: Mana Yang lebih Tajem & Kinclong?

Tanpa menyebut angka ukuran, kita udah tahu bahwa layar Galaxy Note 2 jauh lebih besar daripada Galaxy S3. Bahkan, lebih besar daripada Galaxy Note pertama. Tapi, karena aspek rasio (itu lho, perbandingan panjang x lebarnya) beda, Note 2 yang lebih besar malah lebih ramping daripada Note pertama. Resolusi layar Note 2 dan S3 sama persis, udah HD. Tapi ini justru bikin perbedaan yang tampak nyata.

Layar Galaxy S3 mempunyai resolusi sama dengan Note 2 tapi lebih kecil, sehingga tampilannya jadi lebih padat dan tajam daripada Note 2. Benar-benar memuaskan mata. Sementara, Galaxy Note 2 dengan resolusi sama tapi layarnya lebih besar, jadi begitu melihat pun kita merasa bahwa tampilannya tidak setajam Galaxy S3. Nah bicara ukuran, besarnya layar Galaxy Note 2 pun bukan asal besar. Ada tujuan, yaitu mengakomodir fungsinya sebagai tempat menulis menggunakan stylus. Percuma bisa buat menulis kalau ruangnya kecil. Mana yang lebih penting, ukuran atau ketajaman? Tiap orang punya prioritas masing-masing, tapi bicara tajam dan kinclong, jelas ada yang unggul.

Pemenang: Galaxy S3

 

Prosesor, Otak Siapa Yang Lebih Pinter?

Sudahlah, namanya juga lebih baru dan termasuk top of the line, jelas unggul Galaxy Note 2. Dengan begitu banyak kemampuan dan fitur baru, memang smartphone kelas ini jangan diberikan spesifikasi yang nanggung. Tapi unggulnya jeroan Note 2 bukan berarti membuat Galaxy S3 menjadi smartphone yang lemah. Galaxy S3 memiliki spesifikasi teknis yang membuat banyak smartphone Android iri. Saat dirilis, Galaxy S3 juga yang terkuat dan tercepat dari sisi prosesor. Apakah fakta bahwa ‘otak’ Galaxy Note 2 lebih hebat membuat S3 dianggap kurang mumpuni? Tidak sama sekali. Lagipula, pada realitanya mayoritas pengguna pun belum tentu butuh tenaga memroses setinggi yang dimiliki kedua handset ini. Bahkan bagi pengguna kasual, mungkin bahkan nggak merasakan bedanya. Galaxy Note 2 menang, namun tidak mengecilkan S3.

Pemenang: Galaxy Note 2

 

Sistem Operasi: Androidnya Sama Nggak?

Langsung dari pabriknya, Samsung sudah memberikan Android Jelly Bean pada Galaxy Note 2. Sistem operasi Android terkini saat tulisan ini dibuat memang membawa banyak kemampuan dan pengubahan baru. Galaxy S3 standardnya memakai Android Ice Cream Sandwich. Pada saat dirilis adalah Android paling akhir, bahkan masih belum terlalu banyak yang pakai. Tapi nggak berarti akan kalah, Samsung sudah menjanjikan akan ada upgrade ke Android JellyBean untuk Galaxy S3. Nah apakah ini akan berarti sama persis dalam pemakaian, belum tentu karena memang ada fitur berbeda yang diberikan Samsung pada Galaxy Note 2. Paling tidak, secara sistem operasi Android, keduanya akan sama-sama mutakhir.

Pemenang: Saat ini Galaxy Note 2, mungkin akan seri setelah Galaxy S3 diupdate ke JellyBean

UPDATE: 03 November, Galaxy S3 saya sudah mendapatkan update Jellybean pertama, sejauh ini belum ada fitur Note 2 yang tampak hadir, seperti di gesture dan kameranya misalnya. Jadi secara sistem operasi sudah sama-sama JellyBean, tapi fitur masih lebih banyak Note 2.

 

Tampilan belakang & kamera.

Kamera, Bagusan Punya S3 atau Note 2?

Nah, soal ini bisa dibilang seri kamera keduanya sama persis. Bukan cuma dari angka megapixel, tapi juga udah ngecek baca sana-sini, memang pakai modul kamera yang sama persis. Aplikasi kamera di Galaxy Note 2 memang punya kemampuan lebih, tapi itu bukan dari hardwarenya, lebih dari sistem operasi dan fitur dari Samsung. Semua itu kemungkinan besar juga akan diterima oleh Galaxy S3 dalam firmware update dari Samsung. Dua-duanya punya salah satu kamera smartphone yang terbaik saat ini, nggak usah ragu dan khawatir. Pokoknya dari sisi kamera keduanya memuaskan.

Pemenang: Seri

UPDATE: Setelah firmware update Galaxy S3 ke Jellybean, saat ini tidak tampak ada fitur Note 2 yang diberikan juga di S3. Secara kualitas, kamera tetap seri. Cuma lagi-lagi Note 2 punya fitur lebih, sedikit.

 

The Improved S Pen: Galaxy Note 2’s Killer Feature

Fitur: Mana Yang Lebih Inovatif?

Tarik napas dulu. Bakal panjang nih bicara fitur. Soalnya Galaxy Note 2 punya banyak sekali fitur baru. Banyaknya malah agak lebay, kalau pemakai bukan tipe yang suka ngutik setting dan baca panduan pasti akan melewatkan banyak fitur. Samsung memasukkan semua kemampuan S3 ke dalam Note 2 dan menambahkan banyak lagi. Satu dari sekian banyak misalnya Smart Stay di Galaxy S3 yang bisa mencegah layar masuk sleep mode jika ia mendeteksi mata kita sedang membaca layar. Fitur ini ada juga di Note 2 bahkan ditambah lagi dengan Smart Rotate. Handset mendeteksi orientasi mata kita, sehingga layar tidak akan berputar jika memang tidak diinginkan. Ini baru satu dari puluhan fitur yang ada di semua sisi, dari telepon sampai kamera Galaxy Note 2 yang mempunyai kemampuan mengambil beberapa foto sekaligus lalu memberikan kita pilihan memilih wajah terbaik bagi tiap orang yang ada dalam foto. Pop up browser? Single hand operation keyboard? Multi-view multi tasking? Nggak akan habis fitur Galaxy Note 2 dibahas di sini. Tapi mana seperti halnya OS, atau sistem operasi, seiring S3 yang akan mendapatkan update Android JellyBean, fitur-fitur Galaxy Note 2 bukan tidak mungkin akan segera ditemukan di S3. Bahkan sudah beredar kabar bahwa kemampuan multi-view multi tasking akan hadir di S3 sebelum akhir 2012.

Sekarang kita fokus ke satu hal dari Galaxy Note 2 yang tidak akan dimiliki oleh S3, yaitu S Pen. Jangan remehkan stylus ini. S Pen memiliki begitu banyak kemampuan dan fungsi, yang bisa membuat kita yang tidak tertarik akan stylus bisa ketagihan menggunakannya. Galaxy Note pertama sudah memperkenalkan bagaimana pena digital Samsung ini bisa dipakai untuk menulis, membuat gambar, sketsa, cropping gambar untuk ditempelkan di notepad, sekarang Galaxy Note meneruskan kemampuan itu dan menyuntikkan steroid dalam hal fitur khusus. Jika di Galaxy Note pertama penggunaan S Pen masih terbatas, di aplikasinya, di Galaxy Note 2 ia dapat berfungsi di mana saja. Akurasi stylus ditingkatkan, juga ditambahkan kemampuan baru. Tanpa menyentuh layar pun S Pen Galaxy Note 2 sudah memiliki fungsi seperti mouse-over. Pelupa dan takut kehilangan S Pen karena tertinggal? Saya sih begitu. Untungnya si Galaxy Note 2 bahkan mampu memberi tahu kita bahwa S Pen tertinggal jika kita melangkah meninggalkannya. Sangat mengesankan. Lagi-lagi, begitu banyak fitur S Pen hingga sulit dibahas semua. Dan ini lah yang tidak akan dimiliki oleh Galaxy S3.

Pemenang: Galaxy Note 2

 

Dua-duanya diberi batere kapasitas besar.

Stamina Batere: Siapa Yang Lebih Kuli?

Percuma kalau punya kemampuan dan kecepatan tinggi, layar besar nan jernih, tapi stamina batere memaksa kita untuk selalu mencari  ‘colokan’. Capek. Dan ya reputasi smartphone sekarang begitu. Dalam hal ini, Galaxy S3 hadir kapasitas batere yang cukup besar untuk menghidupi hardware nya cukup lama. Staminanya memuaskan, ini bukan hanya dari angka ulasan tech blog, tapi pengalaman sendiri di mana  S3 bisa bertahan seharian.

Sekarang hadirlah si bongsor Galaxy Note 2 yang spesifikasi teknisnya makin tinggi dan layar makin besar. Logikanya, akan butuh tenaga makin besar juga. Untungnya, Samsung menyadari bahwa semua kelebihan Note 2 akan percuma kalau baterenya nanggung. Diberikanlah batere dengan kapasitas yang jauh lebih besar daripada Galaxy S3. Bahkan lebih besar dari Galaxy Note pertama. Hasilnya, sebuah smartphone besar nan cepat yang bisa bertahan hampir sehari penuh dalam pemakaian normal. Sesuai dengan tema review-tanpa-angka, kita rangkum menjadi kesimpulan: Galaxy S3 bisa bertahan sepanjang waktu kerja, sementara Galaxy Note bisa tetap bertahan sampai kita sudah pulang dari kantor.

Catatan penting soal batere! Walaupun colokannya USB Micro, sama kayak Blackberry dan banyak gadget lain, kedua handset ini sebaiknya pakai charger plus kabel bawaan aslinya. Terutama si Galaxy Note 2, chargernya mempunyai output lebih besar daripada charger S3 sekalipun. Dengan charger lain, kadang nggak ngejar walaupun ditulis ‘charging’. Kedua handset ini mendeteksi apakah charger dan kabelnya memang asli Samsung, jika bukan asli, untuk keamanan ia membatasi arus yang masuk sehingga butuh waktu lama untuk mengisi.

Pemenang: Galaxy Note 2

 

Kekuatan Fisik: Siapa Yang Lebih Tahan Banting?

Let’s face it. Smartphone bikinan Samsung nggak ada yang terasa kokoh dipegang. Semua terasa ‘plasticky’, walau sama sekali bukan berarti terasa murahan. Hanya beda sekali dengan, misalnya, kalau kita memegang Nokia Lumia 800, apalagi dibanding iPhone 4S yang feel nya kokoh kayak batu. Sudah banyak torture test di mana Galaxy S3 dijatuhkan, ditarik di aspal, dan ternyata memang bukan tipe tahan banting. Untung setidaknya panel depan S3 dibalut Corning Gorilla Glass 2 yang cukup melindungi dari baret dan benturan ringan.

Panel muka Galaxy Note 2 juga sepenuhnya ditutupi Gorilla Glass 2 ini. Namun dari berbagai uji coba di tech blog luar negeri, tampaknya Galaxy Note 2 secara mengejutkan terbukti jauh lebih ‘badak’ daripada S3. Video drop test Galaxy Note 2 yang bikin meringis membuktikan hal ini. Dijatuhkan dari sedengkul sampai dari ketinggian telinga, hanya lecet kecil, sementara yang lainnya aman. Menggembirakan sekali, karena memang sepantasnya smartphone juga jangan terlalu ringkih. Wong belinya mahal, kalau jatuh dikit aja udah pecah ya miris. Dan ya catatan, udah beli hape mahal mbok ya jangan dijatuhin.

Pemenang: Galaxy Note 2

 

Kesimpulan

Walau tiap kategori ada yang dianggap pemenang, tujuan bahas ini lebih buat nentuin mana yang cocok buat siapa. Dan dari pengalaman menggunakan keduanya, kesimpulan saat ini adalah bahwa:

 

Galaxy Note 2 for power-users.

Samsung Galaxy Note 2 untuk power-user kreatif yang menuntut produktivitas.

Seri Galaxy Note memang dirancang untuk mereka yang ingin smartphone-nya juga bisa menggantikan kertas dan alat tulis. Phablet, namanya sekarang. Sebuah solusi untuk yang merasa layar smartphone masih terlalu kecil sementara tablet terlalu besar. Fitur melimpah ruah. Power user akan dipuaskan dengan begitu banyaknya fitur untuk segala kebutuhan. Bahkan, hanya user yang benar-benar peduli untuk membaca panduan yang akan benar-benar tahu seberapa jauh kemampuan Galaxy Note 2. Kemampuan stylus S Pen di Galaxy Note 2 menakjubkan dan menyenangkan. Kehadirannya bukan lagi sekedar ‘gimmick’, namun benar-benar nyata menunjang produktivitas dan kreativitas. Lebih mudah dipakai daripada yang pertama, Samsung mengintegrasikan S Pen di hampir keseluruhan sistem operasi Galaxy Note 2. Jika tidak peduli dengan kemampuan stylus, layar besar, dan hanya mengejar spesifikasi tinggi, mungkin agak mubazir membeli Galaxy Note 2. ‘Phablet’ ini benar-benar sebuah mobile powerhouse.

Galaxy S3, for the dynamic fast movers.

Samsung Galaxy S3 untuk fast-movers yang dinamis.

Rasanya sih memang seri S adalah flagship dari smartphone Android bikinan Samsung, dan yang ke 3 ini benar-benar lompatan dari 2 generasi sebelumnya. Jika Galaxy S dan S2 terasa sekali mengekor konsep rancangan iPhone, konsep Galaxy S3 baru, segar dan original. Mudah sekali jatuh cinta pada S3, mulai dari pertama menggenggam, kekuatan konsep rancangannya terasa sekali. Spesifikasi tinggi membuatnya bergerak cepat, mulus, dan Samsung sudah memberikan komitmen untuk memperbarui sistem operasi juga fitur-fiturnya sehingga fitur dasarnya akan mengejar kemampuan Galaxy Note 2 di luar S Pen nya. Untuk mereka yang inginkan kombinasi hardware dan software tertinggi namun merasa ukuran Galaxy Note 2 berlebihan. Mereka yang ingin smartphone tercanggih, cantik, cepat dan besar namun masih ringan dan lincah, dan masih dapat sangat nyaman digunakan dengan satu tangan akan terpuaskan oleh Galaxy S3. Ia layaknya sebuah sports car bermesin besar yang canggih.

 

Akhir Kata

Smartphone bukan benda yang murah, kita sebaiknya cari tahu dulu kira-kira mana yang akan ideal untuk kita. Bukan sekedar ngejar spesifikasi yang lebih tinggi, lebih baru, lebih besar. Nah, semoga dengan pengalaman dan opini yang saya bagi di sini, jadi lebih bisa mendapat gambaran, mana yang sepertinya lebih cocok. Pastinya lebih bagus lagi kalau sempat coba dulu, entah ke showroom atau pinjam punya teman.

Sebagian orang akan bilang bahwa Galaxy S3 dan Galaxy Note 2 adalah dua binatang yang berbeda, jadi nggak bisa dibandingkan. Kalau mobil, mungkin seperti membandingkan Ferrari dengan Porsche Cayenne. Nggak apa, realitanya kadang kita memang mesti milih diantara dua benda yang nggak sepenuhnya sama. Yang sudah memakai Galaxy Note pertama hampir pasti akan suka sekali dengan Galaxy Note 2. Tapi bagi yang memakai Galaxy S3, kemungkinannya 50-50. Bisa jadi tetap lebih memilih Galaxy S3 karena memang ukuran Galaxy Note 2 bukan untuk semua orang. Saya sendiri? Pada awalnya merasa ragu karena canggung dengan ukuran Note 2 namun setelah beberapa hari benar-benar jatuh cinta dan tidak ingin kembali ke S3.

Jadi, pilih mana, Galaxy S3 atau Note 2? Semoga tulisan ini sedikit memberi pencerahan. Terima kasih sudah mampir dan baca sampai sini, semoga membantu.

About these ads

172 thoughts on “Review: Samsung Galaxy S3 VS Samsung Galaxy Note 2, Pilih Mana?

  1. Wah mas raya, saya masih binggung nih. Saya mempunyai SG Tab 2 7.0 dan menurut saya itu terlalu besar dan tidak fleksibel, saya berniat untuk beralih ke s3 atau note 2. Saya binggung dikarenakan harganya pun terpaut sedikit dan setelah saya beralih ini, saya akan gunakan juga dalam waktu yang cukup lama a.k.a ga ganti” lagi, hehehe :) mohon bantuannya, s3 ataukah note 2? terima kasih

  2. om mau tanya nih, untuk micro sd sandisk class 10 UHS I, itu brapaan ya harganya? trus selain merk sandisk, merk apa lg ya yg bgs untuk galaxy note 2? thanks..

  3. pak raya, susahkah mengetik huruf menggunakan note2? soalnya saya blom pernah mengetik menggunakan touchscreen. saya pengen beralih dari bb ke note2. thx :)

  4. Please let me know if you’re looking for a author for your weblog. You have some really good posts and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d absolutely love
    to write some articles for your blog in exchange for a link back to mine.

    Please blast me an email if interested. Thank you!

  5. untuk format video nya apa aja ya mas di Note 2?
    Apa format MKV, FLV, MP4 juga bisa diputar tp dengan kapasitas file yg besar pula (misal diatas 500MB)… ? :)
    karena bener2 bisa buat hiburan dijalan juga kl bisa buka file PDF trus bisa nonton film.

  6. Makasih banget tulisannya mas. Sangat membantu sekali, terutama buat saya yang saat ini lagi ‘galau’ mau milih S3 atau Note 2. Hahaha. Saya tertarik dengan bagian yang ‘fitur S3 sebentar lagi akan ada di Note 2′. Kalo boleh tau, fitur Note 2 apa aja yang sekarang udah ada di S3 mas? (Selain S-Pen dan Jelly Bean tentunya). Makasih mas.

    • Wah lumayan banyak, udah nggak inget lagi mana-mana aja. Hampir semua yang bisa dilakukan Note 2 selain kemampuan sekitar S-Pen sekarang juga sudah bisa dilakukan sama si S3.

      Sama juga nanti fitur S4 yang hardwarenya juga ada di S3 dan Note 2 akan diturunkan ke S3 dan Note 2. Tapi tentunya nggak akan terlalu radikal karena S4 banyak sensor baru kabarnya.

    • Kalau cuma secara spesifikasi teknisnya, Galaxy S4 itu lebih maju daripada Galaxy Note 2. Dari mulai otaknya, layar sampai kamera semua mengalahkan Galaxy Note 2.

      Tapi kalau senang kemampuan menulis dan menggunakan hape sebagai notepada atau buku tulis dengan stylus, walau secara teknis sudah kalah daripada Galaxy S4, si Galaxy Note 2 dan S-Pen nya masih pilihan terbaik Samsung saat ini. :)

  7. Bagus sekali reviewnya. Emang gak nyesel pakai Note 2. Tapi Mas, saya punya masalah dengan kameranya. Kalo kita foto dengan mode portrait, pas diupload ke instagram atau twitter kok malah jadi mode landscape ya? Udah diedit juga masih gitu. Gimana caranya supaya bisa tetep portrait? Thanks in advance. :)

  8. Ping-balik: Kelemahan Samsung Galaxy Note | 1go123.com

  9. klo buat nyatet kyak dibuku catetan gt bsa mas??? mksutnya ampe tlisan kecil2 gt.. truss diwrnain, dibuletin,. bsa???
    soalnya tkutnya cma bsa buat nulis font2 yg gede2..

  10. mass., klo note 2 buat nyatet ampe tulisan kecil2 kyak dibuku bnerann bisa g mas??
    truss kyak mau buat bagan ato tabel kyak klo dibuku ctetan asli gtu bsa??
    tlongg ya mas,,. agak bngungg nih… :(

  11. om mau nanya lagi nih,untuk micro sd yg bagus buat galnote 2 apa ya merknya dan kecepatannya?soalny kan ad yg 2,4,6,8 sampe 10 mb/second trnsfer datanya,,trus untuk pelindungnya mending make apa ya om?kan ad tuh yg i-stuff,silicon dr capdase,dan flipcover,,soalnya supaya enak juga dipake maen game,,
    thnx om,maaf banyak nanya<<hehe

  12. Mas.untuk kerja ms excel harus download aplikasi pendukung dlu ya .soalnya sy mau edit kerjaan attachment dr email berupa ms excel ga bisa??
    Mohon pencerahannya
    Tengkiu masbro

  13. mas…kalo samsung galaxy s3 berat gk ya kalo dipake maen game 3D gitu soalny liat spekny ram hanya 1 GB, atau kalo menjalankan aplikasi misalny lg multitask gitu berat gk kayak buka 3 aplikasi sekaligus gitu, makasih

  14. Om .. mau tanya.. cara menggunakkan S Note supaya kelihatan di desktop gimana yah? Supaya list2 yang saya tulis bisa selalu kelihatan. Terus, di galaxy note 2 apakah ada aplikasi khusus buat presentasi ato buat word dan excel ? Terimakasih om.

    • Untuk pengganti Microsoft Office ada Kingston Office gratisan atau Polaris Office Suite, sekitar $4 aja murah. Aku pakai yang Polaris.

      Supaya S-Note ada di Home screen rasanya harus pakai widget, tapi ya itu pun nggak akan full size ya, kan makan tempat. :)

  15. Setuju dengan Mas Raya. Pake note 2 itu makin lama di pake makin ga mau lepas…hehehehe.

    high recommended for note 2. (bukan jualan loh)….

  16. Bro raya… sy mau bahan soal sgs3 yg suka panas.. soalnya kejadian ini terjadi jg di hp sgs2 punya saudara sy.. itu panasnya ampek malas buat di pegang… d bawa k samsung centnya jg jwbnya tidak memuaskan… itu jd membuat sy masi bimbang buat beli s3… sampek bingung sendiri kadang.. kok mau beli hp aja sampek galau… hahaha…. menurut bro raya gmn? dr kmrin sy kepengen bgt soalnya sama ni hp.. tp kawatir jg klo hpnya panas.. terus malah jd kecewa… hahaha

    • Seberapa panasnya sampai seseorang nggak tahan megang itu relatif sih ya. Tiap orang beda, dan ya bisa berhubungan dengan app yang aktif.

      Soal bahan, terus terang nggak tahu sama atau beda dengan S2. Saya pakai S3 lumayan lama sebelum ganti ke Note 2, nggak pernah merasa terganggu sama panasnya. S3 sekarang dipakai istri juga nggak ada keluhan soal panas.

      Bukan berarti nggak panas, jelas ada panasnya, tapi nggak segitu-gitunya sampai males megang. :)

      Kalaupun panas, pakai slim cover atau casing udah nggak berasa. :)

      Tapi paling penting, kalau ragu mending jangan beli. Barang-barang ini mahal, kalau nanti nyesel sayang banget.

      • iya bro raya,… ane uda jatuhin pilihan… spertinya ane pilih note 2 aja.. walau smlm cari” info klo sgs4 mau keluar akhir bulan maret or bulan april.. kyknya note 2 aja sudah ok…^_^ thx’s ya bro raya… buat info y… ^_^

  17. Wah bener bener info yg saya cari2 nih.. Memang pas dengan dugaan saya, jadi mantab untuk membeli SG Note II…
    Trims bnyk info nya bro.. Sangat membantu banged.

    • Terus terang nggak tahu karena S3 saya sih suhunya normal, paling tinggi ya agak anget aja. Cuma mungkin cek lagi ada app apa yang jalan terus, beberapa app yang ekstensif makai prosesor dan lainnya bisa diem-diem bikin panas katanya.

  18. mau nanya mas,katanya usb note 2 gak bisa dipake ngecash y kalo dicolokin ke komputer?trus kan layarnya note 2 ga terlalu tajam,apa berarti waktu di zoom lebih gede gambarnya yang di note 2 bakalan pecah ya?mohon y informasinya mas,,hehe
    this is best review

    • Note 2 bisa kok charge lewat USB portnya laptop atau desktop, cuma perhatiin itu port nya yang berapa Ampere, karena Note 2 butuh 2A, sekelas tablet atau iPad. Dan harus pakai kabel aslinya. Kalau pakai kabel non-asli tetap ngecharge tapi pelan karena dibatasi.

      Nah soal layar, Note 2 sih layarnya sudah standard tajam lho. 720p. Sama dengan Galaxy S3. Kalau segitu kurang tajam sih gawat, hehehe… TV LCD aja masih banyak yang cuma 720p. Nah soal pecah atau nggaknya gambar yang dizoom ya tergantung kualitas gambarnya sendiri. Kalau file gambarnya resolusi tinggi ya dizoom nggak akan mudah pecah ;)

  19. Abis baca tulisan ini, jd makin pengen jemput note2 dah, cm sy butuh info apakah photosop bisa digunakan d note 2. Krn kerjaan sy edit2 foto gt. Sama game yg paling ok dr android itu apa ya? Mending mana ya note2- iphone5-ultrabook. Job sy internet marketing, perlu ssuatu yg praktis u/ mobile. Tq

    • Kalau benar-benar mesin untuk kerja ya mending beli Ultrabook sih, udah pasti. Note 2 itu enaknya kalau butuh-butuh urusan kerjaan tapi kita sedang ggak bawa notebook, dan bawa tablet males, dia enak sekali. Pastinya Photoshop mobile ya bisa dipakai di Note 2. Pastinya bukan Photoshop destop ya, hahaha…

  20. Entah mengapa, saya tdk bosan2nya berkunjung ke artikel ini. Sebelum saya membeli note2 (zaman ngiler) hingga setelah hampir seminggu meminangnya…
    Awalnya emang bingung antara s3 atau gnote2, namun berhari2 membaca berita yg sama, akhirnya mantap memilih si bongsor…

    tapi ya itu dia, masih canggung dengan ukurannya. kadang malah tidak pede mengeluarkannya dari saku karena terlalu ‘wah’ …

    tetapi sejauh ini, gnote2 emang markotop…. btw mas reza pernah main gak ke official threadnya gnote2 di kaskus?

  21. terimakasi dengan adanya blog ini saya jadi mengerti apa keunggulan dan kelemahan s3 or note 2, saya memilih s3 karna lebih efisien penggunaannya, dan layar s3 juga ngak tralu kecil, untuk presentasi pun masi enk d lihat mata, kalo note 2 sangat besar sizenya, sehinggal kalo di kantongin kelana suka keluar (nongol dikit) hehehe,, makasi mas rayafahreza

  22. Great Review, Mas. ini bacaan wajib bagi mereka yg bingung milih antara 2 smartphone terhebat saat ini.

    Mas, saya pengguna Note 2 dan masih canggung menggunakannya karena size nya yg rada gede ini. Saking canggungnya saya twrpaksa masih menggunakan hp android lama sbg communication gadget default (sms & telpun) saya. Sedangkan note 2 “hanya” menjadi pelampiasan saya buat berinternet mania dan multimedia freak-out. Smua ini saya lakukan karna note2 sulit dibawa2.

    Ada tips gak agar Note2 bisa dibawa2 ala smartphone lainnya?

    • Terus terang nggak tahu mesti gimana ya, ukuran si Note 2 memang bikin canggung, tapi yang cewek-cewek aja pada bisa bawa ke mana-mana. Pengguna Note 1 malah seringan ketemu ya cewek, padahal gede banget itu benda. Pastinya, kalau mau praktis jangan pakai flip cover. Kalau canggung buat nelepon, pake handsfree. Tapi ini pasti udah kepikir lah ya.

      Atau ya Android yang satu lagi diganti Nokia candybar kecil aja jadi nggak terlalu ribet bawa 2 benda touchscreen?

  23. Samsung GALAXY S III begitu mengerti kita. Hal-hal yang kecil, seperti tetap aktif saat Anda melihatnya dan tetap ter-update dengan orang terdekat kita. Dirancang untuk manusia, melampaui kecerdasan dan memenuhi kebutuhan Anda dengan berpikir seperti yang Anda pikirkan, bertindak seperti yang Anda lakukan.
    pertanyaan Saya,apa note bisa seperti yg di atas?

    • Sebenernya sama sih kalau buat ngegame, sama-sama mumpuni. Saya pribadi sih lebih puas pakai Note 2 kalau ngegame, layarnya gedeeee… walau memang jadi kalah tajam sama S3 karena resolusinya sama.

  24. salam kenal mas… saya pengguna tablet media pad dan pengen ganti karena batere medpad kondisi aktif bertahan 3jam dgn stand by sekitar 5-7jam (setingan minimal) yang mau saya tanyakan mas… untuk galaxy note 2 bertahan berapa jam ya? untuk stand by dan untuk aktif pemakaiannya? kalau s3 berapa jam? yang penting bagi saya adalah ketahanannya… syukur bisa dari pagi sampai malem…. hehehe… tolong dibantu jawabannya terima kasih

    • Salam kenal juga :)
      Sulit ya untuk mematok bakal berapa lama batere bertahan karena bener-bener bergantung sama pola pemakaian kita. Yang automatic sync apa aja, berapa sering layar nyala, berapa sering ngerefresh, koneksinya gimana, berapa banyak app yang running. Pola pemakaian saya pribadi, Galaxy Note 2 minimal bertahan 12 jam dalam pemakaian sedang, kalau pemakaian ringan bisa 16 jam. Dengan catatan itu hitungan kombinasi ya antara standby dan screen menyala, misal 12 jam standby, screen on sekitar 3 jam. S3 bisa 12-14 jam. Ke dua Galaxy baru ini emang baterenya dikasih kapasitas lumayan besar. Bisa dibilang satu kali charge itu cukup untuk dari berangkat kantor sampai pulang rumah masih aman.

      Tapi kalau pola pakainya misalnya kayak istri saya dimana hape nyala nonstop dan selalu refresh tiap saat, handset apapun adanya 5 jam habis.

  25. Makasih referensinya om Reza.. ini bener2 yg saya cari, perbandingan murni dr user bukan dr toko hehe.. stlh baca reviewnya sepertinya saya cocoknya S 3 aja, sayang klo Note 2, saya gk terlalu suka gambar2 n kreatif2an hehehe… makasih banyak ;)

  26. Hallo Mas :) salam kenal… Tulisannya lumayan kasi pencerahan. Asli nih buat pemula yang pengen beli pasti banyak pertimbangan, harga sih masih bisa dinego tapi kalo ntar gak sesuai kan ribet hehe.. Saya emang mau beli antara Note 2 atau S3, intinya karena suka baca aja sih (skrg kan smartphone bisa gantiin koran/majalah :D ). Nah, kalo utk baca gtu, lebih enakan pake yang mana mas? apa sama aja? Makasi makasi makasi yah mas :D

    • Salam kenal jugaaa… Untuk baca biasanya ya kita seneng yang paling gampang dilihat ya, buat itu jelas menang si Note2 karena layarnya guede. Saya juga termasuk sering baca di smartphone, dan paling enak sejauh ini ya baca di Note 2. Tapi sekedar warning lagi, ini benda ukurannya agak ngangetin awalnya. Tapi nanti kebiasa dan bisa malah nggak mau yang kecilan lagi.

  27. Bagus banget tulisannya mas, terima kasih. Saya mau keluar jalur dikit, apakah mas udah pernah pula menjajal galaxy note 10.1, gimana tuh review bandingannya dgn galaxy note 2.

  28. Wahh makasih banyak banget yah reviewnya ini sangat membantu :D. Saya mahasiswi kedokteran yg sebentar lg bakal ko asisten di rs, jd pasti butuh bgt yg namanya belajar dmnpun kapanpun, sama nyatet2… Rasanya emg galaxy note 2 pas banget. Bisa jd pengganti textbook + buat nyatet. Ditambah lg saya suka berkreasi. Keren banget deh galaxy note 2 ini :).

  29. Salam kenal buat Mas Rayafahreza dari saya Alexsaif di daerah probolinggo. Tulisan diatas begitu menarik saya untuk bertanya tentang bahasa yang di miliki keduanya, kebetulan saya belum pernah memiliki Android sebelumnya karena di rasa belum begitu butuh. namun dengan berjalannya waktu, pekerjaan saya lambat laun sepertinya ‘menuntut’ untuk melirik Android. terus terang saya penyuka fitur bahasa arab (sekaligus tulisannya) dengan tampilan barang yang dari saudi. untuk itu saya mau tanya, apakah Galaxy note 2 atau S3 kalau beli di indonesia bisa di Upgrade bahasa arab seperti Android yang di saudi? karena, beberapa Android (yang bukan samsung) bawaan bahasa arabnya kurang memuaskan, sedangkan teman-teman yang menggunakan Andorid Indonesia belum pernah nemu yang menggunakan bahasa arab + tulisannya. untuk Android Indonesia bahkan tidak bisa nerima SMS tulisan bahasa arab dengan baik, tulisannya putus-putus dan sulit di baca. infonya saya tunggu Mas Raya. Terima kasih, wassalam.

    • Salam kenal juga buat mas Alexsaif. Sejauh ini setahu saya yang di Indonesia fitur bahasanya masih belum ada bahasa arabnya. Mengenai bisa diupgrade ke fitur bahasa arab, belum yakin, karena tiap region punya update khusus masing-masing. Kalau memang rajin, bisa ke forum XDAdeveloper, di sana banyak yang bisa mengutak-atik android sampai ke systemnya, tapi rasanya buat kita pengguna kasual, terlalu rumit. Mungkin solusinya ada di app/aplikasi yang bisa didownload dan diinstal, tapi mengupgrade fitur bahasa saya belum yakin bisa. :)

  30. ok mas. Thanks.
    Saya dah coba lepasin SIM card nya mas. Ternyata masalahnya disitu. Kalo gak make SIM card nih phablet gak hangat2 amat mas. Sama kayak kata mas. Nanti dah nyala lama (kalo dipake main game) baru terasa hangat.
    Oke mas sekali lg thanks.
    Saya ke service center nya hari ini. :)

  31. terima kasih banget ini, tulisannya sangat” membantu. bang reza klo menurut saya tanggu daripada s3, mending note2. gimana bang? hehe *pengguna baru smartphone

    • Terima kasih, mas, udah mampir.
      Menurut saya pribadi juga tanggung kalau memang nyari yang paling canggih dan banyak fungsi ya langsung aja Galaxy Note 2, tapi satu masalahnya, nggak berani rekomendais karena belum tentu semua orang cocok dengan ukurannya. Tapi kalau merasa ukuran bongsor nggak masalah, Note 2 memang layak dibeli. :)

  32. @mas rayafahreza
    gak panas amat mas. Cuma hangat2 gitu awalnya mas. Kecuali dah dipake buat online hangatnya nambah mas. jadi agak panas dikit. Kalo note 2 punya mas ma tmn2nya tuh ada ngak kena kasus hangat2 ngak mas? Dibagian sensor ampe bagian atas layarnya?
    Kalo service center samsung jauh dari tempat saya mas. Nanti dah saya kesana. Cuma nyari info aja dari sini. Kalo dah pasti baru saya lapor kesana. Coz kali aja nanti sia2 lapornya kalo diblng ini masalah wajar ma pihak samsung.
    Mohon bantuannya yah mas.
    Thanks sebelumnya.

    • Belum ada sih dari temen-temen yang merasa ada hangat berlebihan di daerah itu. Kalau udah dipakai nyala layar 2-3 jam baru agak hangat, tapi normal aja, di punggungnya. Kalau sampai udah nggak wajar hangatnya mending bela-belain ke service center daripada khawatir terus. Sayang, benda nggak murah itu.

  33. mas bisa bantu saya?
    Yg mau saya tanyain, Kenapa layar note2 bagian atas saya cepat sekali panas mas?
    Panasnya itu lebih terasa ketika phabletnya di tempelin ketelinga pas mau dipake nelpon.
    Panasnya gak mau hilang selama note2 nya aktif. Walaupun baru dihidupkan tapi beberapa detik kemudian phablet nih langsung panas. Masalahnya dimana yah mas?

    • oh ya mas. panasnya itu dari bagian sensor cahaya dan kamera ampe ke bagian atas layar.
      Yg kena panasnya cuma sekitar 2 jari dilentangkan dari bagian atas casing.

      • Kemaren nanya-nanya ke temen-temen yang sama-sama Note 2 user, nggak ada yang punya pengalaman masalah kayak gitu. Kalau denger dari gambarannya sih sangat amat nggak normal bisa sampai sebegitu panasnya. Saran sih secepatnya bawa ke Samsung Service Center dan di situ usahain kasih contoh pas panasnya. Pasti masalah hardware kalau nggak pernah kenapa-kenapa tiba-tiba panas sekali.

    • Kecanggihan jelas menang Note 2 di atas S3 ya. Kalau bisa SMS lewat suara itu maksudnya mendikte SMS lewat suara kita, itu sih cuma soal aplikasi, keduanya bisa, misalnya pake app Dragon Dictate, itu di hape Android lain juga bisa.

  34. Om..mau tanya dong, saya lagi bingung antara s3 atau note2 nih..hehehe, saya ada 2 kerjaan, photographer dan marketing..menurut om lebih berfungsi yg mana untuk saya, karena saya akan pakai untuk mencatat jadwal dan kasih liat client hasil foto dan video saya..
    Masalah besar saya sih tidak pengaruh..saya cuma takut salah milih untuk kerjaan..hehehe..makasih ya om..

    • Untuk catat jadwal dan bikin catatan jelas menang Note 2. Itu kalender S-Planner nya bisa dicorat-coret kayak kalender beneran, enak buat kalau belum sempet masukin yang rapi ke schedule.

      Untuk ngasih lihat hasil foto dan video ke client, agak berimbang:
      – Galaxy S3 jauh lebih tajam tampilannya karena layarnya kecilan
      – Galaxy Note 2 jauh lebih nyaman dan layak buat mamerin sesuatu karena layarnya gede

      Menurut saya sih pilihan paling jelasnya Note 2 ya. Saya juga kerja motret, enak pakai Note 2. Kadang habis foto, dari SD-Card dibackup ke Note 2 pakai kabel OTG, dan kalau perlu nunjukin preview ke client jadi nggak harus mutlak pakai laptop. Cuma ya itu, besar banget ini hape.

  35. “Seri Galaxy Note memang dirancang untuk mereka yang ingin smartphone-nya juga bisa menggantikan kertas dan alat tulis.”

    “Mereka yang ingin smartphone tercanggih, cantik, cepat dan besar namun masih ringan dan lincah, dan masih dapat sangat nyaman digunakan dengan satu tangan…”

    Om Raya, saya mahasiswa dan aktif ikut kegiatan berorganisasi, mengajar, dsb. Saya bingung memilih antara S3 dan Note 2 karena dua poin di atas. Bisa tolong kasih saran tambahan Kak, biar bisa memilih yang tepat? Karena dua barang di atas memang tidak murah jadi saya tidak ingin salah pilih. :)

    • Sebetulnya yang paling nentuin adalah kebutuhan atau kesukaan untuk nulis atau nggambar. Kalau itu mutlak butuh, udah jelas pilihannya cuma Note 2. Tapi kalau belum tentu butuh, S3 masuk ke pertimbangan.

      Note 2 enak sekali dipakai kerja. Meeting tinggal catat di situ. Bikin sketsa tinggal corat coret di situ. Sekarang saya bener-bener ngandalin si Note 2. Baterenya kuat pula. Dan banyak lagi. Tapi, belum tentu semua orang merasa fitur kemampuan jadi notepad itu penting banget. Dia harganya lebih tinggi, dan satu hal lagi, ukurannya itu kalau buat yang belum pakai Note, akan agak ngagetin. Walau kita udah tahu besar, dan mungkin naksir, tapi pas pertama baru punya dan mulai pakai sendiri, terus terang tetap aja kagok banget.

      Sekarang tinggal rumusin dulu, apa yang diinginkan dari smartphone, baru kita coba lihat cocokan sama yang mana :)

  36. mau nanya buat paketan s3 pada pake operator apa?g pakr simpati paket galaxy yg 300mb tp klo wifi dimatiin dia gak bs buat online.apa krn simpatinya bapuk ya?

    terus buat charhe s3 emang lama yah?kayanya bsa 3 jam ga penuh2 pdhl pake cahrgeran asli nya

    • Ngecharge S3 memang agak lama, bisa 3 jam lebih tapi saya pakai charger BB. Untuk paketan, saya pakai Axis yang 1,5GB/bulan, Rp49000.
      Simpati kalau paket yang gedenya sih bagus ya mestinya, cuma mahal banget jadi saya pilih Axis.

  37. wah mantep bro ulasannya n inovatif abis,kebetulan emang lagi bingung mu beli yang mana,tapi berkat baca neh mantep dah pilihannya,thanks again :D

  38. Thankyou informasinya.
    kata tmn sy galaxy note itu gabngan tablet & smartphone. sedangkan S3 hny Smartphone sj.apa betul? kalo benar apa keunggulan dr tablet tsb?trims

    • Sebetulnya, Galaxy Note series bukan gabungan tablet dengan smartphone. Tapi karena ukurannya mendekati tablet dan terlalu besar untuk disebut smartphone, dia dapat nama baru: phablet.

      Kelebihan seri Galaxy Note ada bukan cuma di ukurannya tapi di kemampuan dia yang memiliki stylus yang oleh Samsung dinamai S Pen. Fungsi S Pen ini selain membuat Galaxy Note bisa menggantikan pena dan buku catatan, masih sangat banyak, terutama di Note 2.

      Nah, stylus ini lah yang nggak dimiliki oleh kelas smartphone biasa saat ini. Untuk detailnya bisa baca di artikel ini atau yang satu lagi di blog ini.

  39. Official jellybean for s3 untuk indonesia kapan keluarnya mas? ada yang bilang tanggal 25 okt ini, tapi kok masih blum ada updatenya di OTA atau pun di kies ya? mohon pencerahannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s